SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah :
SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester : X / Ganjil
Mata Pelajaran : Akuntansi
Dasar
Komp. Keahlian : Akuntansi Keuangan
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
A.
Kompetensi Inti
1. Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan
Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam
konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2. Keterampilan
KI
4 Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi
dan Keuangan Lembaga. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(Jp)
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1
Memahami
pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan
informasi akuntansi
4.1 Mengelompokkan pihak-pihak yang
membutuhkan informasi akuntansi sesuai perannya
|
3.1. 1 Membaca
pengertian, tujuan, peran akuntansi dan
pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
3.1.2 Melaporkan
peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
4.1 .1 Menyalin pengertian, tujuan, peran
akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
4.1.2 Menerapkan
tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
|
pengertian, tujuan, peran akuntansi dan
pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
|
·
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengertian,
tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
·
Mengumpulkan data tentang pengertian,
tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
·
Mengolah data tentang pengertian,
tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
·
Mengomunikasikan tentang pengertian,
tujuan, peran akuntansi dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek /Penugasan
·
Portofolio
|
5 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
·
Modul Akuntansi 1A,
karangan Dwi Harti.
|
3.2 Memahami
jenis-jenis profesi akuntansi
(bidang-bidang spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
4.2 Mengelompokkan profesi akuntansi ( bidang-bidang
spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi )
|
3.2 .1 Mempelajari bidang bidang spesialisasi
akuntansi
3.2.2 Menafsirkan pentingnya etika profesi dalam akuntansi
4.2 .1 Menyalin
bidang
bidang spesialisasi akuntansi
4.2.2 Mereplikasikan pentingnya etika profesi dalam akuntansi
|
jenis-jenis profesi akuntansi (bidang-bidang
spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
|
·
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang jenis-jenis profesi akuntansi (bidang-bidang
spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
·
Mengumpulkan data tentang jenis-jenis profesi akuntansi (bidang-bidang
spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
·
Mengolah data tentang jenis-jenis profesi akuntansi (bidang-bidang
spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
·
Mengomunikasikan tentang jenis-jenis profesi akuntansi (bidang-bidang
spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
Portofolio
|
5 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
·
Modul Akuntansi 1A,
karangan Dwi Harti.
|
3.3 Memahami jenis dan bentuk badan usaha
4.3 Mengelompokkan
jenis dan bentuk badan usaha
|
3.3 .1 Membedakan
jenis jenis badan usaha
3.3.2 Memberikan
contoh bentuk badan usaha
4.3 .1 Menyalin
jenis jenis badan usaha
4.3.2 Kembali
membuat bentuk badan usaha
|
jenis
dan bentuk badan usaha
|
·
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang jenis dan
bentuk badan usaha
·
Mengumpulkan data tentang jenis dan
bentuk badan usaha
·
Mengolah data tentang jenis dan
bentuk badan usaha
·
Mengomunikasikan tentang jenis dan bentuk badan usaha
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
·
Portofolio
|
5 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
·
Modul Akuntansi 1A,
karangan Dwi Harti.
|
3.4 Memahami asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar
akuntansi
4.4 Mengelompokkan
asumsi, prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
|
3.4 .1 Menafsirkan
asumsi dasar akuntansi
3.4.2 Menafsirkan
konsep/prinsip prinsip dasar akuntansi
4.4 .1 Menyalin
asumsi dasar akuntansi
4.4.2 Menerapkan
konsep/ prinsip prinsip dasar akuntansi
|
asumsi,
prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
|
·
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang asumsi,
prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·
Mengumpulkan data tentang asumsi,
prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
· Mengolah
data tentang asumsi,
prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
·
Mengomunikasikan tentang asumsi,
prinsip-prinsip dan konsep dasar akuntansi
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
·
Portofolio
|
10
x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
Modul Akuntansi 1A, karangan Dwi
Harti.
|
3.5 Memahami
tahapan siklus akuntansi
4.5
Mengelompokkan
tahapan siklus akuntansi
|
3.5 .1 Menggolongkan tahapan siklus akuntansi
4.5.1 Menerapkan
tahapan
siklus akuntansi
|
tahapan
siklus akuntansi
|
·
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang tahapan siklus
akuntansi
·
Mengumpulkan data tentang tahapan siklus
akuntansi
· Mengolah
data tentang tahapan
siklus akuntansi
·
Mengomunikasikan tentang tahapan siklus akuntansi
|
Pengetahuan :
·
Tes tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
Portofolio
|
20 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
Modul Akuntansi 1A, karangan Dwi
Harti.
|
3.6 Menerapkan
persamaan dasar akuntansi
4.6 Membuat
persamaan dasar akuntansi
|
3.6 .1 Menggolongkan persamaan dasar akuntansi
4.6.1 Menjabarkan
persamaan dasar akuntansi
|
Kegiatan usaha bank umum dan bank perkreditan rakyat
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang persamaan
dasar akuntansi
· Mengumpulkan
data tentang persamaan
dasar akuntansi
·
Mengolah data tentang persamaan
dasar akuntansi
·
Mengomunikasikan tentang persamaan dasar akuntansi
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
·
Portofolio
|
35
x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
Modul Akuntansi 1A, karangan Dwi
Harti.
|
3.7 Memahami
transakasi bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
4.7 Mengelompokkan transakasi bisnis
perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
|
3.7.1 Menjelaskan transakasi bisnis
perusahaan jasa
3.7.2 Menjelaskan transakasi bisnis
perusahaan dagang
3.7.3 Menjelaskan transakasi bisnis
perusahaan manufaktur
4.7.1 Menerapkan
transakasi
bisnis perusahaan jasa
4.7.2 Menjelaskan transakasi bisnis
perusahaan dagang
4.7.3 Menjelaskan transakasi bisnis
perusahaan manufaktur
|
Transakasi
bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang transakasi
bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
· Mengumpulkan
data tentang transakasi
bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
· Mengolah
data tentang transakasi
bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
· Mengomunikasikan
tentang transakasi
bisnis perusahaan baik perusahaahn jasa, dagang dan manufaktur
|
.
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
Portofolio
|
20 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
Modul Akuntansi 1A, karangan Dwi
Harti.
|
3.8 Menerapkan buku jurnal, konsep debet
dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal
4.8 Mengelompokkan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo
normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal
|
3.8.1 Menjelaskan buku jurnal
3.8.2 Menjelaskan konsep debet dan kredit
3.8.3 Menguraikan saldo normal
3.8.4 Menjelaskan sistematika pencatatan
3.8.5 Menjelaskan bentuk jurnal
4.8.1 Menerapkan buku jurnal
4.8.2 Melaksanakan konsep debet dan kredit
4.8.3 Melaksanakan saldo normal
4.8.4 Melaksanakan sistematika pencatatan
4.8.5 Melaksanakan bentuk jurnal
|
Buku
jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan
bentuk jurnal
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang buku
jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan
bentuk jurnal
· Mengumpulkan
data tentang buku
jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan
bentuk jurnal
· Mengolah
data tentang buku
jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan
bentuk jurnal
· Mengomunikasikan
tentang buku jurnal,
konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk
jurnal
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
Portofolio
|
25 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
Modul Akuntansi 1A, karangan Dwi
Harti.
|
3.9 Menerapkan
posting
4.9 Melakukan
posting
|
3.9.1 Menafsirkan posting
4.9.1 Menyalin
posting
|
Posting
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang Posting
· Mengumpulkan
data tentang Posting
· Mengolah
data tentang Posting
· Mengomunikasikan
tentang Posting
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
·
Portofolio
|
10 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/D
·
Modul Akuntansi 1A,
karangan Dwi Harti.
|
3.10
Menganalisis transaksi jurnal
penyesuaian
4.10 Membuat
transaksi jurnal penyesuaian
|
3.10.1 Menggolongkan transaksi jurnal penyesuaian
4.10.1 Menerapkan
transaksi
jurnal penyesuaian
|
Transaksi jurnal penyesuaian
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang transaksi
jurnal penyesuaian
· Mengumpulkan
data tentang transaksi
jurnal penyesuaian
· Mengolah
data tentang transaksi
jurnal penyesuaian
· Mengomunikasikan
tentang transaksi
jurnal penyesuaian
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
·
Portofolio
|
20 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/
·
Modul Akuntansi 1A,
karangan Dwi Harti.
|
3.11 Menganalisis
perkiraan untuk menyusun laporan keuangan
4.11 Menyusun laporan keuangan
|
3.11.1 Menjabarkan perkiraan untuk menyusun laporan keuangan
4.11.1 Membuat kembali laporan keuangan
|
Menyusun laporan keuangan
|
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan
masalah tentang perkiraan untuk
menyusun laporan keuangan
· Mengumpulkan
data tentang perkiraan untuk
menyusun laporan keuangan
· Mengolah
data tentang perkiraan untuk
menyusun laporan keuangan
· Mengomunikasikan
tentang perkiraan untuk menyusun laporan keuangan
|
Pengetahuan :
·
Tes
tertulis
·
Tes
Lisan
·
Penugasan
·
Portofolio
Keterampilan :
·
Penilaian
Unjuk kerja
·
Proyek
/Penugasan
·
Portofolio
|
25 x 45 Menit
|
·
Buku referensi.
·
SOP DU/DI
·
Modul Akuntansi 1A,
karangan Dwi Harti.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM
Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY.
200307010157
|
|
Batam,
Juli 2017
Guru Mapel
Akuntansi
Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar