RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN : AKUNTANSI DASAR
KELAS
/SEMESTER : X/GANJIL
PROGRAM : AKUNTANSI KEUANGAN
PENYUSUN : ROZI GUSRIANTO, S.Pd
PEMBINA : H. OMAS SAULUDIN, S.Pd M.M
PENGAWAS SMK : Dra. KARYATI
DIREKTORAT
PEMBINAAN SMK
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2018-2019
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMKIT
Darussalam Boarding School 01 Batam
Mata Pelajaran : Akuntansi Dasar
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/1 (Satu)
Materi Pokok : Memahami
pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak pihak yang membutuhkan informasi
akuntansi
Alokasi Waktu :
5 x 45 Menit
A. Kompetensi
Inti/KI
KI 3 Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Memahami
pengertian, tujuan, peran akuntansi dan pihak pihak yang membutuhkan
informasi akuntansi
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian akuntansi menurut
para ahli
3.1.2 Menjelaskan
pengertian akuntansi dari berbagai sudut pandang
3.1.3
Menjelaskan kegiatan akuntansi
3.1.4
Menjelaskan sifat akuntansi
3.1.5
Menjelaskan tujuan utama akuntansi
3.1.6
Menjelaskan peran akuntansi secara umum
3.1.7 Menjelaskan peran akuntansi dalam kegiatan
usaha
3.1.8 Menjelaskan peran akuntansi bagi pihak
manajemen
3.1.9 Menjelaskan
pihak internal yang membutuhkan informasi akuntansi
3.1.10
Menjelaskan pihak eksternal yang membutuhkan informasi akuntansi
|
4.1 Mengelompokkan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo
normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal
|
4.1.1 Menerapkan
pengertian akuntansi menurut para ahli
4.1.2 Melaksanakan
pengertian akuntansi dari berbagai sudut pandang
4.1.3 Melaksanakan
kegiatan akuntansi
4.1.4
Melaksanakan sifat akuntansi
4.1.5
Melaksanakan tujuan
utama akuntansi
4.1.6
Melaksanakan peran akuntansi secara umum
4.1.7
Melaksanakan peran akuntansi dalam kegiatan usaha
4.1.8 Melaksanakan peran akuntansi bagi
pihak manajemen
4.1.9
Melaksanakan pihak internal yang membutuhkan informasi akuntansi
4.1.10 Melaksanakan pihak eksternal yang
membutuhkan informasi akuntansi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi pengertian akuntansi menurut
para ahli
2. Mengidentifikasi pengertian akuntansi dari
berbagai sudut pandang
3. Mengidentifikasi kegiatan akuntansi
4. Mengidentifikasi sifat akuntansi
5. Mengidentifikasi tujuan utama akuntansi
6. Mengidentifikasi peran akuntansi secara umum
7. Mengidentifikasi peran akuntansi dalam kegiatan
usaha
8. Mengidentifikasi peran akuntansi bagi pihak
manajemen
9. Mengidentifikasi pihak internal yang membutuhkan
informasi akuntansi
10. Mengidentifikasi pihak eksternal yang
membutuhkan informasi akuntansi
D.
Materi
Pembelajaran
·
Faktual:
o
Menjelaskan
pengertian akuntansi menurut para ahli,
pengertian akuntansi dari berbagai sudut pandang
o
Menjelaskan
kegiatan, sifat tujuan akuntansi
·
Konseptual:
o Memberi informasi : Mengenai peran akuntansi dalam kegiatan usaha
o menjelaskan
informasi : Mengenai
peran akuntansi bagi pihak manajemen
·
Prosedural:
o
pihak
internal yang membutuhkan informasi akuntansi
o
pihak
eksternal yang membutuhkan informasi akuntansi
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran Discovery
Learning dengan metode diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan presentasi
F.
Media/Alat
dan Bahan Pembelajaran
1.
Media
·
Papan tulis
·
Spidol
·
Penggaris
2.
Alat
·
Laptop
·
LCD
3.
Bahan Belajar
·
Unit Kegiatan Belajar/UKB
G.
Sumber
Belajar
1. Buku
referensi
2. Elektronik
3. Alam
lingkungan
4. SOP
DU/DI
5. Buku
Akuntansi Dasar kelas X C2 , karangan Dwi Harti
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan I (3 JP) Tanggal 16 Juli 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1
Menjelaskan pengertian akuntansi menurut para ahli
3.1.2 Menjelaskan pengertian akuntansi dari berbagai sudut pandang
3.1.3 Menjelaskan kegiatan
akuntansi
3.1.4 Menjelaskan sifat akuntansi
3.1.5 Menjelaskan tujuan utama
akuntansi
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran;
·
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran mengenai
pengertian akuntansi menurut para ahli dan berbagai sudut pandang
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan
orientasi terhadap materi yang akan dipelajari tentang Menjelaskan pengertian akuntansi secara lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø
Peserta
didik membaca semua
pengertian akuntansi menurut para ahli
Ø
Peserta didik diarahkan
untuk berkonsentrasi pengertian
akuntansi
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø
Peserta
didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan dalam kegiatan
akuntansi
·
Fase
3
Data
Collecting (mengumpulkan data)
Ø
Mendorong
peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi yang sesuai
untuk memecahkan permasalahan yang mereka temukan yang
terkait sifat akuntansi.
Ø
Memberikan
bantuan berupa penggalian informasi yang diperlukan atau yang terdapat dalam
masalah tersebut.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan ke jurnal umum.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di
pindahkan ke jurnal umum.
3. Penutup
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses pembelajaran: tujuan
utama akuntansi
·
Menyimpulkan
apa yang dipelajari hari ini
·
Pemberian
tugas berupa membuat pengeertian dan sifat tujuan utama
dengan contoh yang berbeda
·
Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan II (2 JP) Tanggal 20 Juli 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.6 Menjelaskan peran akuntansi secara umum
3.1.7
Menjelaskan peran akuntansi dalam kegiatan usaha
3.1.8
Menjelaskan peran akuntansi bagi pihak manajemen
3.1.9
Menjelaskan pihak internal yang membutuhkan informasi akuntansi
3.1.10 Menjelaskan pihak eksternal yang
membutuhkan informasi akuntansi
1. Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akandi bahas mengenai peran akuntansi secara umum
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø
Peserta
didik membaca semua
peran akuntansi dalam kegiatan usaha
Ø
Peserta didik
diarahkan untuk berkonsentrasi pada peran
akuntansi dalam kegiatan usaha
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø
Peserta
didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi peran akuntansi bagi pihak manajemen
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait peran akuntansi bagi pihak manajemen transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan dari peran akuntansi bagi pihak manajemen
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait konsep debet dan
kredit
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari konsep debet dan kredit.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait pihak eksternal yang membutuhkan informasi
akuntansi.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait pihak
eksternal yang membutuhkan informasi akuntansi.
Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait pihak eksternal yang membutuhkan informasi akuntansi.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan pihak eksternal yang membutuhkan informasi
akuntansi
yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas demonstrasi pihak
eksternal yang membutuhkan informasi akuntansi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
atas pihak eksternal yang membutuhkan informasi
akuntansi
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3. Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya terkait pihak eksternal yang membutuhkan informasi akuntansi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan pihak
eksternal yang membutuhkan informasi akuntansi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
I.
Penilaian Proses
dan Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/Praktik, Proyek, Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi : Jurnal guru
b.
Tes tertulis : Uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk kerja : Praktik/Pedoman Penskoran
d.
Proyek : Produk/Pedoman Penskoran
e.
Portofolio : E-Portofolio
3.
Instrumen Penilaian
(terlampir)
J.
Pembelajaran Remediasi
dan Pengayaan
· Pembelajaran remediasi
dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
· Pembelajaran
remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remediasi
disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
· Pengayaan
diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian
tugas yang berbasis KD yang sama.
Batam,
23 juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMKIT
DB S 01 Batam Guru Mata Pelajaran
H. Omas Sauludin, S.Pd, M.M Rozi
Gusrianto, S.Pd.
NIY. 200307010157 NIY. 201708010464
Tidak ada komentar:
Posting Komentar