RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN : AKUNTANSI DASAR
KELAS
/SEMESTER : X/GANJIL
PROGRAM : AKUNTANSI KEUANGAN
PENYUSUN : ROZI GUSRIANTO, S.Pd
PEMBINA : H. OMAS SAULUDIN, S.Pd M.M
PENGAWAS SMK : Dra. KARYATI
DIREKTORAT
PEMBINAAN SMK
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2018-2019
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMKIT
Darussalam Boarding School 01 Batam
Mata Pelajaran : Akuntansi Dasar
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/1 (Satu)
Materi Pokok : Jenis-jenis profesi akuntansi (bidang-bidang spesialisasi
akuntansi, pentingnya etika profesi)
Alokasi Waktu :
5 x 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti/KI
KI 3 Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memahami jenis-jenis profesi akuntansi (bidang-bidang
spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi)
|
3.2.1
Mempelajari bidang bidang spesialisasi
akuntansi
3.2.2 Menafsirkan pentingnya etika profesi dalam akuntansi
3.2.3
Menjelaskan prinsip etika profesi akuntansi
|
4.2 Mengelompokkan profesi akuntansi ( bidang-bidang
spesialisasi akuntansi, pentingnya etika profesi )
|
4.2.1 Menyalin
bidang
bidang spesialisasi akuntansi
4.2.2
Mereplikasikan pentingnya etika
profesi
dalam akuntansi
4.2.3 Melaksanakan
prinsip etika profesi akuntansi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi bidang bidang
spesialisasi akuntansi
2. Mengidentifikasi pentingnya etika profesi
dalam akuntansi
3. Mengidentifikasi prinsip etika profesi
akuntansi
D.
Materi
Pembelajaran
·
Faktual:
o
Menjelaskan
bidang bidang spesialisasi akuntansi
o
Menjelaskan
kegiatan, bidang
bidang spesialisasi akuntansi
·
Konseptual:
o Memberi informasi : bidang bidang spesialisasi akuntansi
o menjelaskan
informasi : Mengenai
pentingnya etika profesi dalam akuntansi
·
Prosedural:
o
pentingnya
etika profesi dalam akuntansi
o
prinsip
etika profesi akuntansi
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran Discovery
Learning dengan metode diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan presentasi
F.
Media/Alat
dan Bahan Pembelajaran
1.
Media
·
Papan tulis
·
Spidol
·
Penggaris
2.
Alat
·
Laptop
·
LCD
3.
Bahan Belajar
·
Unit Kegiatan Belajar/UKB
G.
Sumber
Belajar
1. Buku
referensi
2. Elektronik
3. Alam
lingkungan
4. SOP
DU/DI
5. Buku
Akuntansi Dasar kelas X C2 , karangan Dwi Harti
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan I (3 JP) Tanggal 23 Juli 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2.1
Mempelajari bidang bidang
spesialisasi akuntansi
3.2.2 Menafsirkan pentingnya etika profesi dalam akuntansi
4.2.1 Menyalin bidang bidang
spesialisasi akuntansi
4.2.2 Mereplikasikan pentingnya etika profesi dalam akuntansi
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran;
·
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran mengenai bidang
bidang spesialisasi akuntansi
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan
orientasi terhadap materi yang akan dipelajari tentang Menjelaskan bidang bidang spesialisasi
akuntansi secara lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø
Peserta
didik membaca semua
pengertian akuntansi menurut para ahli
Ø
Peserta didik diarahkan
untuk berkonsentrasi pada
bidang bidang spesialisasi akuntansi
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø
Peserta
didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan dalam kegiatan
bidang bidang spesialisasi akuntansi
·
Fase
3
Data
Collecting (mengumpulkan data)
Ø
Mendorong
peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi yang sesuai
untuk memecahkan permasalahan yang mereka temukan yang
terkait pentingnya
etika profesi dalam akuntansi.
Ø
Memberikan
bantuan berupa penggalian informasi yang diperlukan atau yang terdapat dalam
masalah tersebut.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait pentingnya etika profesi dalam akuntansi.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait pentingnya etika profesi dalam akuntansi.
3. Penutup
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses pembelajaran: pentingnya etika profesi dalam
akuntansi
·
Menyimpulkan
apa yang dipelajari hari ini
·
Pemberian
tugas berupa membuat pentingnya etika profesi dalam akuntansi dengan contoh yang berbeda
·
Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan II (2 JP) Tanggal 27 Juli 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.2.3 Menjelaskan prinsip etika profesi akuntansi
4.2.3
Melaksanakan
prinsip etika profesi akuntansi
1. Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akan di bahas mengenai prinsip etika profesi akuntansi
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø
Peserta
didik membaca semua
peran akuntansi dalam kegiatan usaha
Ø
Peserta didik
diarahkan untuk berkonsentrasi prinsip
etika profesi akuntansi
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø
Peserta
didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi peran prinsip etika profesi akuntansi
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait peran akuntansi bagi prinsip etika profesi
akuntansi
lisan
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan dari peran prinsip etika profesi akuntansi
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait prinsip etika
profesi akuntansi lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari prinsip etika profesi akuntansi.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait prinsip etika profesi akuntansi yang akan di pindahkan Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait pihak prinsip etika profesi akuntansi.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang prinsip
etika profesi akuntansi. Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait prinsip etika profesi akuntansi
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan prinsip etika profesi akuntansi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas prinsip etika profesi akuntansi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
atas prinsip etika profesi akuntansi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3. Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya terkait prinsip etika profesi akuntansi yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan prinsip
etika profesi akuntansi yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
I.
Penilaian Proses
dan Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/Praktik, Proyek, Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi : Jurnal guru
b.
Tes tertulis : Uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk kerja : Praktik/Pedoman Penskoran
d.
Proyek : Produk/Pedoman Penskoran
e.
Portofolio : E-Portofolio
3.
Instrumen Penilaian
(terlampir)
J.
Pembelajaran Remediasi
dan Pengayaan
· Pembelajaran remediasi
dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
· Pembelajaran
remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remediasi
disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
· Pengayaan
diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian
tugas yang berbasis KD yang sama.
Batam,
24 juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMKIT
DB S 01 Batam Guru Mata Pelajaran
H. Omas Sauludin, S.Pd, M.M Rozi
Gusrianto, S.Pd.
NIY. 200307010157 NIY. 201708010464
Tidak ada komentar:
Posting Komentar