Senin, 26 Februari 2018

RPP AKUNTANSI DASAR K 13 KD 3.8/4.8 ABAD 21





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)







MATA PELAJARAN  : AKUNTANSI DASAR
KELAS /SEMESTER  : X/GENAP
PROGRAM                  : AKUNTANSI KEUANGAN
PENYUSUN                  : ROZI GUSRIANTO, S.Pd
PEMBINA                     : OMAS SAULUDIN, S.Pd M.M
PENGAWAS SMK       : Dra. KHARIYATI






DIREKTORAT PEMBINAAN SMK
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2017-2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah     :      SMKIT Darussalam Boarding School 01 Batam
Mata Pelajaran     :      Akuntansi Dasar
Kelas/Semester    :      X (Sepuluh)/2 (Dua)
Materi Pokok       :      Buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal
Alokasi Waktu    :      25 x 45 Menit

A.       Kompetensi Inti/KI
KI 3   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.       Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8 Menerapkan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal
3.8.1   Menjelaskan buku jurnal
3.8.2   Menjelaskan konsep debet dan kredit
3.8.3   Menguraikan saldo normal
3.8.4   Menjelaskan sistematika pencatatan
3.8.5   Menjelaskan bentuk jurnal

4.3.  Mengelompokkan  buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal
4.8.1   Menerapkan buku jurnal         
4.8.2   Melaksanakan konsep debet dan kredit
4.8.3   Melaksanakan saldo normal
4.8.4   Melaksanakan sistematika pencatatan
4.8.5   Melaksanakan bentuk jurnal


C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.      Mempelajari persamaan dasar akuntansi
2.      Memahammi konsep debet dan kredit
3.      Menghitung saldo normal
4.      Menerangkan sistematika pencatatan
5.      Melaporkan bentuk jurnal





D.      Materi Pembelajaran
·           Faktual:
o    Menjelaskan persamaaan dalam setiap pencatatan semua transaksi yang terjadi dalam bentuk jurnal umum dan memilah atau menelaah dalam buku besar

·           Konseptual:
o    Memberi informasi : Mengenai seluruh transaksi yang terjadi dalam sebuah jurnal umum
o    menjelaskan informasi : mengenai langkah langkah proses transaksi menjadi sebuah jurnal umum dan menelaah dalam bentuk debet dan kredit
·           Prosedural:
o    Langkah langkah mengenal transaksi yang ada
o    Menelaah transaksi dalam bentuk jurnal umum

E.       Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran Discovery Learning dengan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi

F.       Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.         Media
·         Papan tulis
·         Spidol
·         Penggaris
2.         Alat
·         Laptop
·         LCD
3.         Bahan Belajar
·           Unit Kegiatan Belajar/UKB

G.      Sumber Belajar
1.      Buku referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul Akuntansi 1B, karangan Dwi Hartati


H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I (2 JP) Tanggal 2 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.8.1      Menjelaskan buku jurnal

1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran mengenai teks bertransaksi dengan lingkungan sekitar
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
·         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan dipelajari tentang Menjelaskan buku jurnal lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
2.      Kegiatan Inti
·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada transaksi yang ada dan menganalisis transaksi

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi transaksi transaksi untuk dijadikan ke jurnal umum

·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Mendorong peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi yang sesuai untuk memecahkan permasalahan yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke buku jurnal umum.
Ø  Memberikan bantuan berupa penggalian informasi yang diperlukan atau yang terdapat dalam masalah tersebut.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum.

3.      Penutup
·         Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran: transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum
·         Menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
·         Pemberian tugas berupa membuat transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum dengan contoh yang berbeda
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan II (3 JP) Tanggal 4 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.8.2  Menjelaskan konsep debet dan kredit

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan materi pertemuan yang akandi bahas mengenai  konsep debet dan kredit

2.      Kegiatan Inti
·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada transaksi yang ada dan menganalisis transaksi

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi konsep debet dan kredit

·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait konsep debet dan kredit transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari konsep debet dan kredit
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait konsep debet dan kredit transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari konsep debet dan kredit.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait atas demonstrasi teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan atas teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannya terkait teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.



Pertemuan III (2 JP) Tanggal 9 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.8.3  Menguraikan saldo normal

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan materi pertemuan yang akandi bahas mengenai  saldo normal

2.      Kegiatan Inti

·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada saldo normal

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis saldo normal

·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait saldo normal transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari saldo normal
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait saldo normal transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari saldo normal.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait saldo normal.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait saldo normal.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan saldo normal memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait atas saldo normal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.


·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan saldo normal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannya saldo normal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan saldo normal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.


Pertemuan IV (3 JP) Tanggal 11 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.8.4        Menjelaskan sistematika pencatatan

1.   Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan materi pertemuan yang akan di bahas mengenai sistematika pencatatan
2.      Kegiatan Inti

·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada sistematika pencatatan

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis sistematika pencatatan

·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait sistematika pencatatan transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait sistematika pencatatan transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait sistematika pencatatan.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait sistematika pencatatan.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan sistematika pencatatan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait atas sistematika pencatatan lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan sistematika pencatatan lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannya sistematika pencatatan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan sistematika pencatatan yang tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.

Pertemuan V (2 JP) Tanggal 16 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.8.5        Menjelaskan sistematika pencatatan

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan materi pertemuan yang akan di bahas mengenai bentuk jurnal

2.      Kegiatan Inti

·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada bentuk jurnal

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis bentuk jurnal
·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait bentuk jurnal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait bentuk jurnal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan bentuk jurnal memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait atas bentuk jurnal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan bentuk jurnal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannya bentuk jurnal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan sistematika pencatatan yang tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya


Pertemuan VI (3 JP) Tanggal 18 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

4.8.1     Menjelaskan buku jurnal

1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Menyiapkan peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi, menyiapkan buku pelajaran;
·         Memotivasi peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran mengenai teks bertransaksi dengan lingkungan sekitar
·         Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
·         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan orientasi terhadap materi yang akan dipelajari tentang Menjelaskan buku jurnal lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

2.      Kegiatan Inti

·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada transaksi yang ada dan menganalisis transaksi

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi transaksi transaksi untuk dijadikan ke jurnal umum

·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Mendorong peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi yang sesuai untuk memecahkan permasalahan yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke buku jurnal umum.
Ø  Memberikan bantuan berupa penggalian informasi yang diperlukan atau yang terdapat dalam masalah tersebut.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum.

3.      Penutup
·         Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran: transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum
·         Menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
·         Pemberian tugas berupa membuat transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum dengan contoh yang berbeda
·         Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan VII (2 JP) Tanggal 23 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

4.8.2      Melaksanakan konsep debet dan kredit   

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan materi pertemuan yang akandi bahas mengenai  konsep debet dan kredit

2.      Kegiatan Inti

·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada transaksi yang ada dan menganalisis transaksi

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi konsep debet dan kredit

·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait konsep debet dan kredit transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari konsep debet dan kredit
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait konsep debet dan kredit transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari konsep debet dan kredit.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait atas demonstrasi teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan atas teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.


3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannya terkait teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan teks transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.


Pertemuan VIII (3 JP) Tanggal 25 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

4.8.3  Melaksanakan saldo normal          

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan materi pertemuan yang akandi bahas mengenai  saldo normal

2.      Kegiatan Inti

·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada saldo normal

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis saldo normal

·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait saldo normal transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari saldo normal
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait saldo normal transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari saldo normal.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait saldo normal.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait saldo normal.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan saldo normal memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait atas saldo normal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan saldo normal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannya saldo normal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan saldo normal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.


Pertemuan IX (3 JP) Tanggal 30 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

4.8.4        Melaksanakan sistematika pencatatan

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan materi pertemuan yang akan di bahas mengenai sistematika pencatatan

2.      Kegiatan Inti

·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada sistematika pencatatan

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis sistematika pencatatan




·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait sistematika pencatatan transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait sistematika pencatatan transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait sistematika pencatatan.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait sistematika pencatatan.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan sistematika pencatatan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait atas sistematika pencatatan lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan sistematika pencatatan lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannya sistematika pencatatan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan sistematika pencatatan yang tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.








Pertemuan X (3 JP) Tanggal 01 Februari  2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

4.8.5        Melaksanakan sistematika pencatatan

1.      Pendahuluan
·         Menyiapkan kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar dan mengabsen peserta didik
·         Menanyakan kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·         Menyampaikan materi pertemuan yang akan di bahas mengenai bentuk jurnal

2.      Kegiatan Inti

·         Fase 1
Stimulation (memberi stimulus)
Ø  Peserta didik membaca semua transaksi yang ada
Ø  Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada bentuk jurnal

·         Fase 2
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø  Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis bentuk jurnal

·         Fase 3
Data Collecting (mengumpulkan data)
Ø  Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait bentuk jurnal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan
Ø  Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya terkait bentuk jurnal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan.

·         Fase 4
Data Processing (mengolah data);
Ø  Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal.
Ø  Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal.

·         Fase 5
Verification (memverifikasi);
Ø  Masing-masing pasangan mendemonstrasikan bentuk jurnal memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø  Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait atas bentuk jurnal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.

·         Fase 6
Generalization (menyimpulkan);
Ø  Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan bentuk jurnal lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.

3.      Penutup
Ø  Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam pertemuan ini dan sebelumnya
Ø  Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap teman-temannya bentuk jurnal yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi peserta didik yang melibatkan sistematika pencatatan yang tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø  Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya


I.         Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
1.         Teknik Penilaian:
a.         Penilaian Sikap                  :      Observasi/pengamatan
b.        Penilaian Pengetahuan       :      Tes Tertulis
c.         Penilaian Keterampilan      :      Unjuk Kerja/Praktik, Proyek, Portofolio
2.         Bentuk Penilaian:     
a.         Observasi                           :      Jurnal guru
b.        Tes tertulis                         :      Uraian dan lembar kerja
c.         Unjuk kerja                        :      Praktik/Pedoman Penskoran
d.        Proyek                               :      Produk/Pedoman Penskoran
e.         Portofolio                          :      E-Portofolio
3.         Instrumen Penilaian (terlampir)

J.        Pembelajaran Remediasi dan Pengayaan
·       Pembelajaran remediasi dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
·       Pembelajaran remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remediasi disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
·       Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian tugas yang berbasis KD yang sama.






Batam,  Januari 2018
Mengetahui,
Kepala SMKIT DB S 01 Batam                                             Guru Mata Pelajaran




Omas Sauludin, S.Pd, M.M                                                  Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 200307010157                                                             NIY. 201708010464







19 komentar:

  1. Terima Kasih banyak.. semoga bapak selalu sehat

    BalasHapus
  2. yaa bukk ...kapan2 sya publikasikan lagi RPP abad 21 terbaru,,,

    BalasHapus
  3. Kalau mau download caranya bagaimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim g mail ja pak biar saya kirim

      Hapus
    2. Selamat siang Pak, saya juga mau filenya, bisa Pak?
      Terima Kasih

      Hapus
    3. saya juga mau pak. boleh minta pak?

      Hapus
  4. Selamat pagi pak. Bisa minta file RPP nya kirim via email? Terima kasih banyak pak🙏

    BalasHapus
  5. Selamat pagi pak. Bisa minta file RPP nya kirim via email? Terima kasih banyak pak🙏

    BalasHapus
  6. Selamat siang pak, boleh saya minta file nya?
    Terimwkasih.

    BalasHapus
  7. Asssalamu'alaikum pak, bisa minta file rpp nya? terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  8. pak saya mau file nya juga boleh kirim lewat email pak?

    BalasHapus
  9. Pak bisa saya minta file nya..terima kasih

    BalasHapus