Senin, 26 Februari 2018

Rpp Perbankan Dasar KD 9



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMKIT Darussalam Boarding School 01 BATAM
Kelas/Semester       : X / Genab
Mata Pelajaran        : Perbankan Dasar
Materi Pokok         : Simpanan Dana Deposito
Kompt. Keahlian    : Akuntansi Keuangan
Alokasi Waktu       : 18 x 45 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Pengetahuan
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.    Keterampilan
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar
1.    KD pada KI pengetahuan
3.9 Menganalisis simpanan dana deposito
2.    KD pada KI keterampilan
4.9 Menghitung simpanan dana deposito

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
 3.9.1 Menelaah pengertian simpanan dana deposito
 3.9.2 Membeda-bedakan jenis jenis simpanan dana deposito
 3.9.3 Menelaah ciri ciri simpanan dana deposito
 3.9.4 Menata fungsi simpanan dana deposito
 3.9.5 Mengurai Manfaat simpanan dana deposito
 3.9.6 Melatih menghitung bunga simpanan dana deposito

2.    Indikator KD pada KI keterampilan
 4.9.1 Kembali membuat pengertian simpanan dana deposito
 4.9.2 Menunjukan jenis jenis simpanan dana deposito
 4.9.3 Merumuskan ciri ciri simpanan dana depasito
 4.9.4 Melaksanakan fungsi simpanan dana deposito
 4.9.5 Menunjukan Manfaat simpanan dana deposito
 4.9.6 Menerapkan cara menghitung bunga simpanan dana deposito








D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1.       Menjelaskan pengertian simpanan dana deposito
2.       Menjelaskan jenis jenis simpanan dana deposito
3.       Menjelaskan ciri ciri simpanan dana deposito
4.       Menjelaskan fungsi simpanan dana deposito
5.       Menjelaskan Manfaat simpanan dana deposito
6.       Menjelaskan cara menghitung bunga simpanan dana deposito

E.  Materi Pembelajaran
Pengertian Deposito
Deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Tidak seperti tabungan yang bisa ditarik kapan saja, maka dalam deposito tidaklah demikian. Kalau kamu memaksa untuk menarik uang atau dana tersebut sebelum waktu jatuh tempo maka biasanya kan dikenakan potongan.
Bunga deposito umumnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga tabungan. Ini karena uang kamu akan dikunci selama jangka waktu tertentu, sehingga pihak bank merasa perlu untuk menjanjikan suku bunga yang lebih tinggi dibanding suku bunga pada rekening tabungan. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari deposito.
Ciri Khas Deposito
Hal lain yang perlu Anda ketahui dari deposito adalah ciri-ciri deposito. Hal ini diperlukan untuk mengenali manfaat serta resiko yang mungkin terjadi ketika Anda nanti sudah memutuskan untuk berinvestasi pada produk jenis ini.
Berikut ini adalah ciri khas deposito yang harus Anda ketahui :
·         Minimal SetoranPertama, pada umumnya, ketika Anda membuka rekening di Bank, maka ada batas setoran minimal yang harus dibayar pertama kali. Begitu juga dengan deposito, ada setoran minimal yang harus dibayarkan. Perbedaan dengan tabungan biasa, deposito mensyaratkan setoran minimal berkisar Rp5 juta. Akan tetapi setiap bank mempunyai kebijakan masing-masing.
·         Jangka Waktu Simpanan Seperti yang telah diuraikan di awal tadi, deposito memiliki jangka waktu simpanan. Dan simpanan tidak bisa diambil sebelum jangka waktu tersebut. Biasanya nasabah akan diberikan beberapa opsi untuk jangka waktu ini mulai dari 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan. Mengenai jangka waktu ini sangat penting untuk diperhatikan karena ini akan menentukan bagaimana Anda menggunakan simpanan tersebut.
Misalnya, ketika Anda memfungsikan simpanan deposito ini sebagai dana darurat maka Anda jangan memilih jangka waktu 24 bulan. Karena bila sewaktu-waktu anda membutuhkan akan sulit untuk mengambil simpanan tersebut (ada biaya penalti). Maka dari itu jika simpanan deposito ini anda fungsikan sebagai dana darurat, maka pilih jangka waktu yang paling pendek misalnya 1 bulan.
Deposito ini sangat cocok bagi Anda yang kesulitan untuk menabung. Dengan memanfaatkan deposito maka Anda akan kesulitan jika ingin ‘boros’ karena ada aturan jangka waktu tersebut dan tidak bisa mengambil simpanan seenaknya.
·         Pencairan Dana Berhubungan dengan jangka waktu seperti dijelaskan di atas, pencairan dana deposito tidak bisa sembarangan seperti tabungan. Setelah Anda menentukan atas pilihan jangka waktu yang telah ditawarkan, maka pencairan dana deposito harus sesuai dengan jangka waktu tersebut. Kalau tidak, Anda akan dikenakan sejumlah denda penalti yang membuat keuntungan menjadi tidak maksimal.
·         Bunga Deposito Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bunga deposito relatif lebih tinggi dibanding tabungan. Hal tersebut sangat masuk akal karena adanya limitasi jangka waktu yang diberikan. Dan hal inilah yang dimaksudkan bahwa deposito merupakan produk investasi yang menguntungkan selain obligasi, saham dan emas.
Meskipun demikian, hal yang perlu diingat adalah suku bunga yang ditetapkan. Untuk itu bunga harus disesuaikan dengan kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pasalnya, besaran suku bunga tertentu ditetapkan dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
·         Risiko Rendah Deposito dikatakan menjadi produk simpanan yang memiliki risiko rendah karena deposito memiliki jaminan LPS dengan syarat tertentu. Dan bank yang Anda pilih merupakan bank yang tercatat sebagai anggota LPS. Jaminan dari LPS tersebut berlaku jika deposito yang dijaminkan kurang dari Rp2 miliar dan suku bunganya maksimal 7,5%. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai deposito yang nilainya lebih dari Rp2 miliar atau bunganya melewati persentase, maka LPS tidak akan menjamin dana deposito milik Anda.
·         Deposito Sebagai Jaminan Mungkin untuk poin yang ini banyak orang yang belum mengetahui. Ya, deposito ternyata tergolong dalam salah satu aset yang bisa jadi jaminan untuk pinjaman ke bank. Namun, tidak semua bank mau dan bersedia menerima jaminan dalam bentuk deposito ini. Meskipun demikian, jaminan deposito ini bisa menjadi alternatif jaminan selain aset yang biasa kita ketahui seperti tanah atau rumah.
·         Produk Kena PajakDeposito merupakan produk kena pajak. Jadi, keuntungan yang Anda terima terlebih dahulu harus berurusan dengan potongan pajak yang besarnya sampai 20 persen. Meskipun begitu, masih ada 80 persen keuntungan yang bisa Anda terima kan?
·         Deposito Berjangka (Time Deposit)Deposito berjangka adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai tanggal yang duiperjanjikan antara deposan dan bank. Deposito berjangka merupakan deposito yang diterbitkan dengan jenis jangka waktu tertentu. Jangka waktu deposito berjangka biasanya bervariasi mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan s/d 24 bulan. Deposito berjangka diterbitkan atas nama baik perorangan maupun lembaga. Artinya di dalam bilyet deposito tercantum nama seseorang atau lembaga sipemilik deposito berjangka. Penarikan bunga deposito berjangka dapat dilakukan secara tunai maupun pemindahbukuan dan setiap bunga deposito dikenakan pajak dari jumlah bunga yang diterimanya.
Untuk menarik minat masyarakat, pihak bank dapat memberikan berbagai insentif seperti hadiah atau ransangan. Insentif biasanya diberikan untuk jumlah nominal yang besar baik berupa bunga khusus maupun insentif seperti hadiah atau cendera mata lainnya. Insentif juga dapat diberikan kepada nasabah yang loyal terhadap bank tersebut. Artinya deposito berjangka dengan nominal besar dan terus dipertahankan untuk jangka waktu yang relatif lama.
·         Deposito Automatic Roll OverDeposito automatic roll over adalah suatu bentuk lain dari deposito berjangka dimana simpanan masyarakat (dalam bentuk deposito) yang telah jatuh tempo sesuai dengan jangka waktu yang diperjanjikan, namun pihak deposan belum mengambilnya maka secara otomatis terhadap simpanan tadi dilakukan perpanjangan waktu tanpa menunggu persetujuan dari deposan.
·         Sertifikat DepositoSertifikat deposito merupakan hasil pengembangan dari deposito berjangka. Sertifikat deposito adalah deposito berjangka yang bukti simpanannya dapat diperjualbelikan. Agar simpanan ini dapat diperjualbelikan dengan mudah maka penarikan pada saat jatuh tempo dapat dilakukan atas unjuk, sehingga siapapun yang memegang bukti simpanan tersebut dapat menguangkannya pada saat jatuh tempo.
·         Deposit on Call Deposit on call adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dengan pemberitahuan lebih dahulu dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan antara pihak bank dengan nasabah. Deposit on call biasanya digunakan oleh nasabah yang tidak setiap saat perlu menarik dananya dan keperluan penarikan dana itu dapat diprediksi oleh nasabah dalam jangka waktu tertentu.
Fungsi dan Manfaat Deposito
Ø  Fungsi Intern
Maksudnya fungsi deposito ini sangat strategis dalam membantu kegiatan operasional bank khususnya ruang lingkup bank itu sendiri. Jenis simpanan ini merupakan salah satu sumber utama modal bank yang praktis penggunaannya karena mempunyai limit waktu. Deposito ini bagi suatu bank berfungsi untuk memenuhi kebutuhan modal suatu bank, dan disamping itu juga membantu menjaga posisi likuiditas bank. Kebutuhan akan modal kerja suatu bank harus selalu dipenuhi setiap saat sehubungan dengan salah satu fungsi utamanya yakni sebagai lembaga yang menyalurkan dana dari masyarakat dalam bentuk kredit atau sebagai lembaga pemberi kredit.
Ø  Fungsi Ekstern
Fungsi ekstern ini dikaitkan dengan fungsi yang ada diluar perusahaan bank yakni sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang jasa yang memeperlancar arus pembayaran uang. Dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional diharapkan lembaga perbankan dapat berperan dalam mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional kearah peningkatan perkembangan erekonomian nasional maupun internasional yang senantiasa bergerak cepat disertai tantangan yang semakin luas, untuk itu bank harus mampu menghadapi persaingan yang sehat dan efisien. Depositi ini merupakan sarana penghimpunan dana dalam jumlah yang besar, dengan demikian pemerintah sangat mengharapkan inisiatif dari masyarakat untuk menanamkan dana yang lebih ini melalui deposito demi meununjang pembangunan yang senantiasa membutuhkan dana yang relatif besar.
Manfaat Deposito
Setiap bank tentunya menginginkan memperoleh simpanan masyarakat dalam jumlah yang besar, dengan banyaknya simpanan masyarakat di bank, maka bank akan dapat memenuhi kebutuhan dari nasabah yang dapat memberikan lebih banyak pinjaman kepada mereka yang membutuhkan.
Persaingan yang tajam menuntut setiap bank dapat mencari dan memperoleh cara yang khusus serta menarik simpanan masyarakat ini. Dana deposito ini disamping bermanfaat dalam pembiayaan aktifitas bank, juga berguna untuk memenuhi kebutuhan dana pembangunan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

F.   Model dan Metode :
1. Metode pembelajaran project based learning ( PJBL )

G. Media, Alat/Bahan Pembelajaran
1.    Media
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Pengaris    
2.    Alat/Bahan
a.       LCD/OHP.
b.      Komputer/Laptop.
H.  Sumber Belajar
1.      Buku Referensi
2.      Elektronik
3.      Alam lingkungan
4.      SOP DU/DI
5.      Modul  Dasar Dasar Perbankan, Karangan Ernawati

I.     Langkah Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (3 JP) Tanggal 15 Februari 2018
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai simpanan dana tabungan
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai pengertian simpanan dana deposito
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis jenis simpanan dana deposito
Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai jenis jenis simpanan dana deposito
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi jenis jenis simpanan dana deposito atau bagian yang belum dimengerti.
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
·           Mengengatkan kembali pelajaran besoknya ciri ciri simpanan dana deposito
·           Salam
15 menit

Pertemuan 2 (3 JP) Tanggal 22 Februari 2018
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai jenis jenis simpanan dana deposito
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·           Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya ciri ciri simpanan dana deposito
·           Peserta didik diminta untuk menjelaskan ciri ciri simpanan dana deposito
Elaborasi
·           Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai ciri ciri simpanan dana deposito
·           Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi ciri ciri simpanan dana deposito atau bagian yang belum dimengerti.
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
·           Mencek kembali catatan siswa yang menulis
·           Guru memberi tahu pelajaran untuk besoknya tentang fungsi simpanan dana deposito
·           Salam
15 menit

Pertemuan 3 (3 JP) Tanggal 1 Maret 2018
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·           Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu ciri ciri dana simpanan dana deposito
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·           Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai fungsi simpanan dana deposito
·           Peserta didik diminta untuk menyebutkan berbagai contoh fungsi simpanan dana deposito

Elaborasi
·           Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai fungsi simpanan dana deposito
·           Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi fungsi simpanan dana deposito bagian yang belum dimengerti.
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
·           Guru Mencek kembali tugas yang di kerjakan siswa
·           Guru mengasih tahu materi untuk pertemuan berikutnya tentang  manfaat simpanan dana deposito
·           Salam
15 menit

Pertemuan 4 (3 JP) 8 Maret 2018
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·           Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai fungsi simpanan dana deposito
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai manfaat simpanan deposito
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan manfaat simpanan deposito

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai manfaat simpanan dana deposito
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi manfaat simpanan dana deposito atau bagian yang belum dimengerti.
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
·           Guru melihat kembali tugas siswa yang dikerjakan
·           Guru mengasih tahu materi untuk pertemuan berikutnya tentang  cara menghitung simpanan dana deposito
·           Salam
15 menit

Pertemuan 5 (3 JP) Tanggal 8 Maret 2018
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai Manfaat simpanan dana deposito
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai cara menghitung simpanan dana deposito
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan cara menghitung simpanan dana deposito

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai cara menghitung simpanan dana deposito
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi cara menghitung simpanan dana deposito
105 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik menuliskan kembali materi yang di pelajari.
·           Guru memeriksa catatan siswa dan mengingatkan siswa untuk minggu depan ada UH 1
·           Salam
15 menit

Pertemuan 6 (3 JP) Tanggal 5 April 2018, ( Ulangan Harian II)
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengkondisikan kelas mulai dari mengabsen, menyapa dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·         Guru membacakan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran.
·         Guru membacakan serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
·         Guru meningkatkan motivasi peserta didik dengan cara memberikan kisah-kisah inspiratif atau dengan cara merelevansikan materi pelajaran dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.
·         Guru melakukan kegiatan apersepsi untuk merelevansikan materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan, yaitu mengenai simpanan dana deposito
15
menit
2
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Peserta didik diminta untuk memaparkan pengetahuannya mengenai simpanan dana deposito
·         Peserta didik diminta untuk menyebutkan simpanan dana deposito

Elaborasi
·         Guru membimbing dan memfasilitasi peserta didik guna meningkatkan pengetahuan dan pemahamamnya dengan memberikan penjelasan mengenai simpanan dana deposito
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi tentang materi simpanan dana deposito atau bagian yang belum dimengerti.
·         Guru memberi waktu pada siswa untuk mempersiapkan perlengkapan ujian dan waktu membaca ulang pelajaran yg bersangkutan
·         Guru mempersiapkan soal tentang UH II untuk dibagikan
·         Guru menjelakan metode UH II yg akan dilaksakan, dimulai dari waktunya, dan ketentuan lainnya (waktunya 50 menit)
90 Menit
3
Penutup
·           Peserta didik memperiksa kembali jawaban sebelum di kumpulakan
·           Peserta didik mengumpulkan sesuai dengan waktu yg di berikan
·           Guru membahas hasil UH II secara bersama dengan siswa
·           Guru membahas pelajaran untuk minggu depan supaya siswa bisa mengetahui kegiatan atau pelajaran berikutnya
·           Mengucapkan salam pertanda berakhirnya pelajaran.
30 menit

J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
Aspek yang dinilai
Cara penilaian:
1.      Teslisan atau Tertulis
2.      Observasi kelas
3.      Portofolio

Penilaian Pembelajaran

No
Soal
Waktu
(45)
Analisi Soal
Pembagian nilai/Soal
Skor
 (1-5)
KKM
1
Tulis dan jelaskan pengertian simpanan dana deposito?
3
Mudah
10

70
2
Tulis dan jelaskan jenis jenis simpanan dana deposito?
5
Sedang
15

70
3
Tulis dan jelaskan ciri ciri simpanan dana deposito?
5
Sedang
15

70
4
Tulis dan jelaskan fungsi simpanan dana deposito?
7
Sedang
15

70
5
Tulis dan jelaskan Manfaat simpanan dana deposito?
5
sedang
15

70
6
1.      Deposito berjangka dan jelaskan cara penghitungan dibawah ini “ Pak rudi Menerbitkan deposito berjangka selama 9 bualan dengan simpanan Rp 80.000.000,00 dengan bunga 15 % pertahun dicairkan setiap bulan, pajak 15 %. Hitunglah bunga bersih perbulan?
2.      Sertifikat deposito dan jelaskan cara penghitungannya” Tuan Yan  ingin membeli sertifikat deposito sebanyak 20 lembar dengan harga @ Rp 15.000.000,00 bunga 15 % dengan jangka 6 bulan, pajak 15 % hitunglah jumlah yg harus dibayar tuan yan?
3.      Deposit on call dan perhitungannya “ tuan Rifqi memiliki uang Rp 1.000.000.000,00 ingin menerbitkan DOC dimulai tanggal 3 Januari 2018 samapai 28 Januari 2018 dengan bunga 5 % dan pajak 15 % hitunglah jumlah  uang yang diterima
20
Sulit
30

70




Keterangan
Skor 5 (85-100)   : Sangat jelas
Skor 4 (75-84)     : Jelas
Skor 3 (67-74)     : Cukup jelas
Skor 4 (50-66)     : Kurang jelas
Skor 5 (0-49)       : Tidak jelas

Program Remedial
No.
Jenis Tugas
Kegiatan
Nilai
KKM
1.
Kelompok
Diskusi tentang Simpanan dana deposito


2.
Individu
·         Mengerjakan soal yang telah disiapkan guru
·         Mengulang soal yang diangap sulit waktu UH II



Program Pengayaan
No.
Jenis Tugas
Kegiatan
Nilai
KKM
1.
Kelompok
Simpanan dana deposito


2.
Individu
Merangkum materi yang berkaitan dengan Simpanan Dana deposito.



Mengetahui
Kepala Sekolah SMKIT DBS 01 BATAM

Omas Sauludin, S.Pd., M.M.
NIY. 200307010157

Batam,  Februari 2018
Guru Mapel Akuntansi


Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 201708010464

.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar