RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN : AKUNTANSI DASAR
KELAS
/SEMESTER : X/GENAP
PROGRAM : AKUNTANSI KEUANGAN
PENYUSUN : ROZI GUSRIANTO, S.Pd
PEMBINA : OMAS SAULUDIN, S.Pd M.M
PENGAWAS SMK : Dra. KHARIYATI
DIREKTORAT
PEMBINAAN SMK
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2017-2018
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMKIT
Darussalam Boarding School 01 Batam
Mata Pelajaran : Akuntansi Dasar
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/2 (Dua)
Materi Pokok : Buku jurnal,
konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan, dan bentuk
jurnal
Alokasi Waktu :
25 x 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti/KI
KI 3 Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI 4 Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.8 Menerapkan
buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo normal, sistematika pencatatan,
dan bentuk jurnal
|
3.8.1 Menjelaskan buku jurnal
3.8.2 Menjelaskan
konsep debet dan kredit
3.8.3
Menguraikan saldo normal
3.8.4
Menjelaskan sistematika pencatatan
3.8.5
Menjelaskan bentuk jurnal
|
4.3. Mengelompokkan buku jurnal, konsep debet dan kredit, saldo
normal, sistematika pencatatan, dan bentuk jurnal
|
4.8.1 Menerapkan
buku jurnal
4.8.2 Melaksanakan
konsep debet dan kredit
4.8.3 Melaksanakan
saldo normal
4.8.4
Melaksanakan sistematika pencatatan
4.8.5
Melaksanakan bentuk jurnal
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan ini siswa mampu :
1. Mempelajari persamaan dasar akuntansi
2. Memahammi konsep debet dan kredit
3. Menghitung saldo normal
4. Menerangkan sistematika pencatatan
5. Melaporkan bentuk jurnal
D.
Materi Pembelajaran
·
Faktual:
o
Menjelaskan
persamaaan dalam setiap pencatatan semua transaksi yang terjadi dalam bentuk
jurnal umum dan memilah atau menelaah dalam buku besar
·
Konseptual:
o Memberi informasi : Mengenai seluruh transaksi yang terjadi
dalam sebuah jurnal umum
o menjelaskan
informasi : mengenai
langkah langkah proses transaksi menjadi sebuah jurnal umum dan menelaah dalam
bentuk debet dan kredit
·
Prosedural:
o
Langkah
langkah mengenal transaksi yang ada
o
Menelaah
transaksi dalam bentuk jurnal umum
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran Discovery
Learning dengan metode diskusi, tanya jawab,
penugasan, dan presentasi
F.
Media/Alat
dan Bahan Pembelajaran
1.
Media
·
Papan tulis
·
Spidol
·
Penggaris
2.
Alat
·
Laptop
·
LCD
3.
Bahan Belajar
·
Unit Kegiatan Belajar/UKB
G.
Sumber
Belajar
1. Buku
referensi
2. Elektronik
3. Alam
lingkungan
4. SOP
DU/DI
5. Modul
Akuntansi 1B, karangan Dwi Hartati
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan I (2 JP) Tanggal 2
Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8.1 Menjelaskan
buku jurnal
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran;
·
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran mengenai
teks bertransaksi dengan lingkungan sekitar
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan
orientasi terhadap materi yang akan dipelajari tentang Menjelaskan buku jurnal lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada transaksi yang
ada dan menganalisis transaksi
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi
transaksi transaksi untuk dijadikan ke jurnal umum
·
Fase
3
Data
Collecting (mengumpulkan data)
Ø Mendorong
peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi yang sesuai
untuk memecahkan permasalahan yang mereka temukan yang
terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke buku jurnal umum.
Ø Memberikan
bantuan berupa penggalian informasi yang diperlukan atau yang terdapat dalam
masalah tersebut.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan ke jurnal umum.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di
pindahkan ke jurnal umum.
3. Penutup
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses pembelajaran: transaksi
transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum
·
Menyimpulkan
apa yang dipelajari hari ini
·
Pemberian
tugas berupa membuat transaksi transaksi yang akan di
pindahkan ke jurnal umum dengan contoh yang berbeda
·
Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan II (3 JP) Tanggal 4 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8.2 Menjelaskan
konsep debet dan kredit
1. Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akandi bahas mengenai konsep debet dan kredit
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada transaksi yang
ada dan menganalisis transaksi
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi konsep
debet dan kredit
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait konsep debet dan kredit transaksional lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari konsep
debet dan kredit
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait konsep debet dan
kredit
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari konsep debet dan kredit.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan
apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan teks transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat
sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas demonstrasi teks transaksional lisan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
atas teks transaksional lisan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3. Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya terkait teks transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan teks transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
Pertemuan III (2 JP) Tanggal 9
Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8.3 Menguraikan
saldo normal
1. Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akandi bahas mengenai saldo normal
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada saldo normal
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis saldo normal
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait saldo normal transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari saldo
normal
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya
terkait saldo normal transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari saldo
normal.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait saldo normal.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait saldo
normal.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan saldo normal memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas saldo normal lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
saldo normal lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3. Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya saldo normal lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan saldo
normal
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
Pertemuan IV (3 JP) Tanggal 11
Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8.4
Menjelaskan
sistematika pencatatan
1. Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akan di bahas mengenai sistematika pencatatan
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada sistematika
pencatatan
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis sistematika pencatatan
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait sistematika pencatatan transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait sistematika
pencatatan
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait sistematika pencatatan.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait sistematika
pencatatan.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan sistematika pencatatan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas sistematika pencatatan lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
sistematika pencatatan lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3. Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya sistematika pencatatan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan sistematika
pencatatan
yang
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
Pertemuan V (2 JP) Tanggal 16
Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8.5
Menjelaskan
sistematika pencatatan
1. Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akan di bahas mengenai bentuk jurnal
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada bentuk
jurnal
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis bentuk jurnal
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait bentuk jurnal yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika
pencatatan
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait bentuk jurnal yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari sistematika
pencatatan.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal yang akan di pindahkan Masing- masing kelompok menyampaikan
hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk
jurnal.
Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan bentuk jurnal memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas bentuk jurnal lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
bentuk jurnal lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3. Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya bentuk jurnal yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan sistematika
pencatatan
yang
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya
Pertemuan VI (3 JP) Tanggal 18
Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.8.1 Menjelaskan buku jurnal
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran seperti berdoa, absensi,
menyiapkan buku pelajaran;
·
Memotivasi
peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat pembelajaran mengenai
teks bertransaksi dengan lingkungan sekitar
·
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran, memberikan
orientasi terhadap materi yang akan dipelajari tentang Menjelaskan buku jurnal lisan dan tulis pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada transaksi yang ada
dan menganalisis transaksi
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi
transaksi transaksi untuk dijadikan ke jurnal umum
·
Fase
3
Data
Collecting (mengumpulkan data)
Ø Mendorong
peserta didik secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi yang sesuai
untuk memecahkan permasalahan yang mereka temukan yang
terkait transaksi transaksi yang akan di pindahkan ke buku jurnal umum.
Ø Memberikan
bantuan berupa penggalian informasi yang diperlukan atau yang terdapat dalam
masalah tersebut.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan
apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan ke jurnal umum.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang akan di
pindahkan ke jurnal umum.
3. Penutup
·
Memberikan
umpan balik terhadap proses pembelajaran: transaksi
transaksi yang akan di pindahkan ke jurnal umum
·
Menyimpulkan
apa yang dipelajari hari ini
·
Pemberian
tugas berupa membuat transaksi transaksi yang akan di
pindahkan ke jurnal umum dengan contoh yang berbeda
·
Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan VII (2 JP) Tanggal 23 Januari
2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.8.2
Melaksanakan konsep debet dan kredit
1. Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akandi bahas mengenai konsep debet dan kredit
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada transaksi yang
ada dan menganalisis transaksi
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisi konsep
debet dan kredit
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait konsep debet dan kredit transaksional lisan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari konsep
debet dan kredit
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait konsep debet dan
kredit
transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan dari konsep debet dan kredit.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan teks transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat
sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya terkait
atas demonstrasi teks transaksional lisan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
atas teks transaksional lisan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3. Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya terkait teks transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan teks transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
Pertemuan VIII (3 JP) Tanggal 25 Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.8.3 Melaksanakan saldo normal
1. Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akandi bahas mengenai saldo normal
2. Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada saldo normal
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis saldo normal
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait saldo normal transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari saldo
normal
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait saldo normal transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan dari saldo normal.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait saldo normal.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait saldo
normal.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan saldo normal memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas saldo normal lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
saldo normal lisan yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3. Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya saldo normal lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan saldo
normal
yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
Pertemuan IX (3 JP) Tanggal 30
Januari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.8.4
Melaksanakan
sistematika pencatatan
1.
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akan di bahas mengenai sistematika pencatatan
2.
Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada sistematika
pencatatan
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis sistematika pencatatan
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait sistematika pencatatan transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait sistematika
pencatatan
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan dari sistematika pencatatan.
·
Fase
4
Data Processing (mengolah
data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait transaksi transaksi yang
akan di pindahkan Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait sistematika pencatatan.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait konsep debet dan kredit.
Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait sistematika
pencatatan.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan sistematika pencatatan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas sistematika pencatatan lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
sistematika pencatatan lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3.
Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya sistematika pencatatan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan sistematika
pencatatan
yang
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya.
Pertemuan X (3 JP) Tanggal 01
Februari 2018
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.8.5
Melaksanakan
sistematika pencatatan
1.
Pendahuluan
·
Menyiapkan
kondisi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, seperti menanyakan kabar
dan mengabsen peserta didik
·
Menanyakan
kepada peserta didik terkait materi yang sudah dipelajari
·
Menyampaikan materi
pertemuan yang akan di bahas mengenai bentuk jurnal
2.
Kegiatan Inti
·
Fase
1
Stimulation
(memberi stimulus)
Ø Peserta didik membaca semua
transaksi yang ada
Ø Peserta didik diarahkan untuk berkonsentrasi pada bentuk
jurnal
·
Fase
2
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
Ø Peserta didik mengidentifikasi masalah yang mereka temukan saat menganalisis bentuk jurnal
·
Fase
3
Data Collecting
(mengumpulkan data)
Ø Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kembali terkait bentuk jurnal yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari sistematika
pencatatan
Ø Kelompok yang ditunjuk menjelaskan hasil diskusi
kelompoknya terkait bentuk jurnal yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan dari sistematika
pencatatan.
·
Fase
4
Data Processing
(mengolah data);
Ø Masing- masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal yang
akan di pindahkan Masing-
masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal.
Ø Peserta didik menggunakan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk
jurnal.
Masing- masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok menjelaskan apa yang mereka temukan yang terkait bentuk jurnal.
·
Fase
5
Verification
(memverifikasi);
Ø Masing-masing pasangan mendemonstrasikan bentuk jurnal memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
Ø Peserta didik memberikan komentar kepada teman-temannya
terkait atas bentuk jurnal lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan.
·
Fase
6
Generalization
(menyimpulkan);
Ø Guru mengarahkan peserta didik untuk mengambil kesimpulan
bentuk jurnal lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan yang telah dibuat sebelumnya.
3.
Penutup
Ø Refleksi sejenak tentang apa yang sudah dipelajari dalam
pertemuan ini dan sebelumnya
Ø Guru menegaskan kembali feedback peserta didik terhadap
teman-temannya bentuk jurnal yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan feedbacknya terhadap demonstrasi
peserta didik yang melibatkan sistematika
pencatatan
yang
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
Ø Guru menyampaikan kegiatan dipertemuan berikutnya
I.
Penilaian Proses
dan Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/Praktik, Proyek, Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi : Jurnal guru
b.
Tes tertulis : Uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk kerja : Praktik/Pedoman Penskoran
d.
Proyek : Produk/Pedoman Penskoran
e.
Portofolio : E-Portofolio
3.
Instrumen Penilaian
(terlampir)
J.
Pembelajaran Remediasi
dan Pengayaan
· Pembelajaran remediasi
dilakukan segera setelah kegiatan penilaian:
· Pembelajaran
remidiasi diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM (besaran angka hasil remediasi
disepakati dengan adanya “penanda” yaitu angka sama dengan KKM sekolah).
· Pengayaan
diberikan kepada siswa yang telah mencapai nilai KKM dalam bentuk pemberian
tugas yang berbasis KD yang sama.
Batam, Januari 2018
Mengetahui,
Kepala SMKIT
DB S 01 Batam Guru Mata Pelajaran
Omas Sauludin, S.Pd, M.M Rozi Gusrianto, S.Pd.
NIY. 200307010157 NIY. 201708010464
Terima Kasih banyak.. semoga bapak selalu sehat
BalasHapusyaa bukk ...kapan2 sya publikasikan lagi RPP abad 21 terbaru,,,
BalasHapusIzin copy paste ya pak
BalasHapusok silahkan
Hapussilahkan jaaa
BalasHapusKalau mau download caranya bagaimana ya pak?
BalasHapuskirim g mail ja pak biar saya kirim
HapusSelamat siang Pak, saya juga mau filenya, bisa Pak?
HapusTerima Kasih
saya juga mau pak. boleh minta pak?
HapusSelamat pagi pak. Bisa minta file RPP nya kirim via email? Terima kasih banyak pak🙏
BalasHapusSelamat pagi pak. Bisa minta file RPP nya kirim via email? Terima kasih banyak pak🙏
BalasHapuskirim gmail ja pak
HapusSelamat siang pak, boleh saya minta file nya?
BalasHapusTerimwkasih.
kirim g mail ja
HapusAsssalamu'alaikum pak, bisa minta file rpp nya? terimakasih sebelumnya..
BalasHapusini gmail saya pak: nurjanahmida3@gmail.com
Hapusudah sy kirim ya
Hapuspak saya mau file nya juga boleh kirim lewat email pak?
BalasHapusPak bisa saya minta file nya..terima kasih
BalasHapus